Media Online TIK

Media Online TIK
Link Media OnloneTIK Klik disini

Gallery Foto Marttikulasi

Tanya Jawab

TV Online SMPN 1

TV Online
Lihat TV dulu ... Untuk menghilangkan Stress
Klik disini

Belajar yang rajin yaa

Blog Archive

Admin

Kamis, 16 Juni 2011
Tele Networking


Fasilitas Telnet memungkinkan seseorang menghubungkan dan memakai komputer dari jarak jauh lewat fasilitas telnet ini akan menjadikan Komputer kamu seperti sebuah terminal yang mengakses komputer secara langsung.

Telnet yang berada pada terminal dapat berhubungan dengan komputer lain melalui internet. Pengguna terminal dapat mengakses dan bekerja pada komputer yang terhubung dengan telnet.

User`s Networking 
 




Usenet news, atau dikenal juga dengan nama (Net news), atau (news) saja, merupakan sebuah bulletin board (mirip mading di sekolah) yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader.

Usenet sangat efisien dibandingkan dengan mailing list, misalnya, karena satu sistem (contoh satu sekolah) hanya perlu menyimpan satu berkas dari artikel. Dalam mailing list, setiap peserta masing-masing memiliki berkas tersebut. Sehingga terjadi duplikasi.


Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP  (Network News Transport Protocol) yaitu Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news atau dengan membaca langsung ke direktori dimana artikel berada. Akses ke server news ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan beberapa Web browser (seperti Netscape Communicator dan Microsoft Internet Explorer) dengan menggunakan URL: news:nama.dari.newsgroup seperti contoh berikut. (Catatan: contoh hanya bisa bekerja apabila komputer anda terhubung ke Internet dan anda memiliki akses ke server news.)

Internet Relay Chat (IRC) 




Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC

Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).


Internet Phone/ conference


Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media, seperti mic dan speaker.

WAIS Server dan Gopher
WAIS Server
 
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara). WAIS juga merupakan bentuk pelayanan lain untuk mendapatkan informasi yang tersebar didalam Internet. WAIS Server menyimpan database berbagai informasi, dimana untuk mendapatkannya pemakai diminta menspesifikasi keyword (kata kunci) dari informasi yang dibutuhkan. WAIS Server akan menampilkan hasil pencarian dalam sebuah daftar artikel.

Gopher

 


Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.

Gopher juga merupakan cara penjelajahan Internet yang berbasis menu. Sistem menu yang terdapat didalam gopher sangat sederhana namun bersifat interaktif, artinya apabila pemakai menghubungi gopher lokal misalnya di Jakarta, dengan memilih sebuah menu perintah, dapat pula menghubungi gopher yang terdapat di Amerika Serikat.

0 komentar: